Dari Majapahit Ke Okinawa

by -

Okinawa, –

Kapal Spirit of Majapahit telah berlabuh di pelabuhan Naha-Okinawa, Jepang (12/6) dan menuju Tokyo sebagai pelabuhan terakhir ekspedisi ini melalui wilayah Kagoshima. Dan perjalanan dari Kaohsiung-Taiwan menuju Naha-Okinawa merupakan rute terberat dengan terpaan ombak sampai dengan 5 meter dengan keadaan kapal bocor.

Seperti diketahui, di Okinawa ditemukan jejak dari pelaut Kerajaan Majapahit yakni ditemukannya keris Majapahit. Selain ditemukannya keramik Imori Kerajaan Jepang abad 13 di Trowulan, Jawa Timur. Kebesaran Kerajaan Majapahit sejak lama menarik perhatian arkeolog dan kalangan akademisi Jepang, apalagi kedua negara meyakini bahwa hubungan Indonesia – Jepang sudah berlangsung sejak zaman keemasan kerajaan terbesar di Indonesia tersebut.

Ekspedisi ini mulai berlayar dari Jakarta (11/5); dan singgah di Pontianak (15/5), Brunei (22/5), Manila (29/5), Kaohsiung Taiwan (6/6) dan Okinawa (12/6). Sebelumnya pada tahun 2010 pernah dilakukan usaha yang sama, namun kapal tersebut gagal berlabuh di Jepang, lantaran diterjang ombak di perairan Filipina. Kapal kemudian kembali ke Indonesia.

(ist/mdtj ; foto ist

Leave a Reply