HPN 2023, Bupati Dico Sampaikan Kendal Sebagai Episentrum Ekonomi Baru Jawa Tengah

by -

Visualindonesia, Medan,-

Rangkaian penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dihadirii oleh para Duta Besar (Dubes) negara sahabat.

Kehadiran perwakilan dari negara sahabat diajang HPN ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Kabupaten Kendal agar bisa menanamkan investasinya di Kendal.

Untuk itulah, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, B.Sc mengundang pada Dubes yang hadir di acara HPN ini diacara forum diskusi ‘Kendal Investment Talk’ yang diselenggarakan di Hotel Grand Mercure, Selasa malam (7/2/2023).

“Investasi di Kawasan Industri Kendal sampai dengan periode Januari 2023 telah menembus angka USD 2,55 Miliar dan menyerap 25.000 tenaga kerja. Melihat besarnya potensi yang ada dan didukung dengan infrastruktur yang memadai serta insentif fiskal dan non-fiskal, Kendal berpotensi menjadi episentrum ekonomi baru di Jawa Tengah yang dapat memberikan kontribusi signifikan bagi ekonomi daerah dan nasional,” ungkap Dico M Ganinduto di depan para Dubes negara sahabat.

Hadir dalam acara tersebut, para Dubes negara sahabat di antaranya Duta Besar Belanda, Polandia, Armenia, Spanyol, Laos, Romania, Perwakilan Taiwan Economic and Trade Office (TETO) dan wartawan media asing maupun nasional.

Dalam paparannya Bupati Dico yang didampingi Didit Purbadi, Direrktur PT Kendal Industrial Park menjelaskan Kendal memiliki keunggulan geo-ekonomi karena kawasan tersebut terletak berdekatan dengan Bandara Ahmad Yani, Pelabuhan Tanjung Emas, dan dilewati Tol Trans Jawa, Jalur Pantura, serta Jalur Kereta Api Ganda Jakarta-Semarang-Surabaya, selain itu infrastruktur di Kawasan Industri Kendal (KIK) juga terus dikembangkan untuk menunjang tumbuhnya industri dan menarik minat para investor.

“Semoga dalam waktu dekat pengembangan pelabuhan Kendal yang diharapkan untuk menjadi pelabuhan smart logistics serta penunjang penting industri dapat segera diwujudkan, mengingat 70 persen produk di KIK berorientasi ekspor,” jelas Dico M Ganinduto.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo yang turut hadir dalam forum diskusi ini mengatakan, Indonesia menjadi tujuan investasi yang menarik bagi perusahaan Singapura.

“Hal ini terlihat dari investasi yang terus mengalir ke Kawasan Industri Kendal di Jawa Tengah. Saat ini Singapura merupakan salah satu negara dengan investasi terbesar di Indonesia, namun demikian kegiatan promosi mengenai peluang investasi harus terus dilakukan,” papar Suryopratomo yang akrab disapa Mas Tom ini.

Disamping itu, Didit Purbadi mengatakan, KIK siap menerima para investor yang ingin merelokasi pabriknya ke Indonesia apalagi KIK telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang tentunya memberikan lebih banyak keuntungan kepada para investor berupa pemberian insentif dan fasilitas tax holiday, tax allowance, kepabeanan dan yang terpenting jaminan ketersediaan infrastruktur untuk menunjang kegiatan industri.

Kawasan Industri Kendal diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bersama dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong pada November 2016.

Melalui peraturan Pemerintah (PP) No.85/2019 yang dikeluarkan 18 Desember 2019, KIK resmi ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus dan memiliki area pengembangan seluas 2.200 hektar.

Pemerintah Kabupaten Kendal berkomitmen untuk terus menciptakan iklim yang baik bagi pertumbuhan ekonomi maupun investasi lewat kolaborasi dan sinergitas dengan berbagai pihak, salah satunya melalui program ‘Kendal Investment Talk’.

[*]

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.