KORG PA4X Indonesian Version Terlengkap Miliki 34 Instrumen Daerah Propinsi

by -

Jakarta,-

KORG memperkenalkan keyboard KORG PA4X Indonesian Version, yang merupakan keyboard pertama yang memiliki sampling instrumen dan irama khas terlengkap yang telah mewakili seluruh 34 Provinsi di Indonesia, yang digelar di Galeri Indonesia Kaya dan dibuka John Mc Cubbery, Vice Presiden KORG Inc. Japan. Sekaligus pengukuhan Museum Rekor Indonesia (MURI) bahwa KORG PA4X Indonesian Version sebagai KEYBOARD PERTAMA yang memiliki SAMPLING instrumen dan irama khas Indonesia terlengkap.

Perhelatan sekaligus dilanjutkan dengan kolaborasi KORG PA4X Indonesian Version (Wiwie GV, Korg Brand Ambassador Indonesia) bersama para pemain alat tradisional seperti Panting, Sape, Saluang, Sampelong, Bansi, Hasapi, Kendang Melayu, Kacaping, dan Sasando. Selain kolaborasi KORG PA4X Indonesian Version dengan KRAKATAU ETHNO yang digawangi Dwiki Dharmawan.

Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia memiliki 17.508 pulau dan 1340 suku bangsa, sehingga melahirkan budaya Indonesia yang beraneka ragam. Sebagai upaya melestarikan budaya Indonesia lewat bebunyian, KORG memperkenalkan bunyi-bunyian alat musik tradisional Indonesia kepada entiti terkecil dari bangsa Indonesia yaitu keluarga.

Diharapkan dapat menggugah rasa ingin tahu akan bentuk dan cara memainkan alat musik tradisional Indonesia. Dengan demikian memicu keinginan untuk sering memutar lagu dengan irama musik tradisional Indonesia yang kaya. Dari sinilah timbul rasa suka pada musik daerah dari seluruh Indonesia, karena musik adalah bahasa universal yang mampu menembus berbagai kalangan manusia.

Sejalan dengan semangat Prof Rahayu Supanggah dalam diskusinya bertajuk World Music – MusikTradisi Nusantara : Merawat, Mengembangkan dan Mengilhami. KORG Inc Jepang semakin menyadari pentingnya memasukkan unsur budaya masing-masing negara pada tiap alat musik keyboard yang beredar di masing-masing negara.

Kesadaran “Think Globally, Act Locally” ini sesungguhnya telah dimulai 14 tahun silam atas upaya Distributor KORG di Indonesia yang berusaha memasukkan unsur budaya ke dalam Irama sebuah keyboard KORG iS35. Dimana kesadaran tersebut juga berhasil mendorong banyak negara lain untuk lebih memperhatikan kesenian budaya masing-masing dan mengembangkannya ke dalam sebuah keyboard.

Distributor KORG di Indonesia telah menjadikan alat musik keyboard ini sebagai salah satu alat pemersatu bangsa dan tanah air Indonesia, alat perkenalan musik tradisional dan musik khas Indonesia, alat hiburan dan edukasi di tengah komunitas (keluarga, pendidikan, pemerintah), dan sebagai sarana ekspresi diri dan ekonomi bagi musisi. Dan tentunya Keyboard ini membuka peluang yang lebih luas untuk mempromosikan musik tradisional dan musik khas bangsa Indonesia kepada seluruh penjuru dunia.

Dari sisi pengembangan teknologi Keyboard KORG, berbagai rekaman suara instrumen yang dinamakan SAMPLING bisa ditambahkan ke dalam alat musik keyboard dan pertengahan tahun 2013 lahirlah varian pertama KORG Pa600 Indonesian Version di mana berbagai instrumen tradisional Indonesia yang dimainkan oleh pemain tradisional direkam di studio dalam bentuk not maupun pattern yang kemudian dimasukkan ke dalam keyboard arranger KORG PA series.

Lalu di tahun 2014, KORG Pa900 Indonesian Version diluncurkan dengan penambahan koleksi sampling instrumen tradisional Indonesia dan irama khas Indonesia yang telah mewakili 21 Provinsi di Indonesia. Dilanjutkan tahun 2015 KORG Pa300 Indonesian Version diluncurkan untuk memenuhi segmen keluarga dengan harga yang terjangkau.

Barulah melalui penyempurnaan yang mendalam, tahun ini, Distributor KORG di Indonesia mempersembahkan sebuah keyboard KORG PA4X Indonesian Version. Sebuah keyboard yang pantas dijuluki sebagai “Super Arranger” karena kecanggihan fitur, kualitas suara yang luar biasa, serta merupakan keyboard PERTAMA yang memiliki SAMPLING instrumen dan irama khas terlengkap yang telah mewakili seluruh 34 Provinsi di Indonesia. Dan pihak Distributor KORG di Indonesia telah mendanai proyek Indonesian Version dengan Wiwie GV selaku KORG Ambassador di Indonesia dan didampingi oleh Dwiki Dharmawan (Band Krakatau dan endorser KORG) selaku konsultan proyeknya.

(ist/mdtj foto: ist

Leave a Reply