Komite Koordinasi OCA Siapkan 20 Medali Taekwondo Asian Games 2018

by -

Visual Indonesia, Jakarta,-

Komite Koordinasi OCA (Olympic Council of Asia / Dewan Olimpiade Asia) menyiapkan 20 medali untuk cabang olahraga Taekwondo, di Pesta Olahraga Musim Panas Asia 2018 (The 2018 Asian Games), yang digelar di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus-2 September 2018.

Hal tersebut mengemuka saat OCA mengadakan Technical Delegate, 4-6 Maret lalu. Sekaligus menetapkan 20 pertandingan Taekwondo untuk 16 kategori Kyorugi (8 kategori pria, 8 kategori wanita) dan 4 kategori Poomsae.

Kyorugi merupakan pertarungan dua orang dengan mempraktikkan teknik serangan dan teknik pertahanan kaki. Sementara Poomsae merupakan rangkaian jurus kombinasi dari teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan diri.

Sebagai tuan rumah, Indonesia memasukkan Poomsae untuk dipertandingkan di Asian Games. Karena terbukti kemampuan Taekwondoin Indonesia yang berhasil mendapatkan beragam penghargaan di ajang pertandingan internasional maupun nasional.

Seperti pada Asian Taekwondo Championship yang berlangsung di Manila, Filipina pada 16-17 April 2016 lalu, dimana satu medali emas diraih di nomor beregu putra, dua medali perak di kategori pair dan individual putri, serta satu medali perunggu di kategori individual putra.

Capaian prestasi ini berkat bimbingan dari Shin Seung Jung, selaku pelatih atlet pelatnas Taekwondo yang ditugaskan dari Kukkiwon dan tergabung dalam Korean Cultural Center Indonesia.

Pemerintah Republik Korea berharap dibawah bimbingan Shin Seung Jung, Taekwondoin Indonesia meraih hasil yang memuaskan dalam kategori Kyorugi dan Poomsae pada Asian Games 2018 nanti. Dan keputusan penetapan 20 medali untuk cabang olahraga Taekwondo menjadi kesempatan yang baik dalam pengembangan dan peningkatan popularitas Taekwondo di Indonesia.

(gha; foto ist

Leave a Reply