Pelayaran Wartawan Mendorong Poros Maritim dan Pariwisata Nusantara

by -

Jakarta,-

Dihadapan Presiden Jokowi, Penanggung Jawab HPN 2016, Margiono melaporkan sejumlah kegiatan utama seperti Pelayaran Wartawan dengan mengusung tema Mendorong Poros Maritim dan Pariwisata Nusantara.

Bahkan ditambahkan Teguh Santosa, selaku Ketua Panitia bahwa dalam HPN kali ini, penyelenggara meramu berbagai upaya untuk meningkatkan mutu jurnalisme Indonesia, termasuk kompetensi insan pers, dengan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami merasa terpanggil untuk ikut membantu pemerintah mengembangkan gagasan poros maritim, dan ikut mendukung upaya pemerintah membangun sektor pariwisata nasional. Mandalika di NTB merupakan salah satu destinasi wisata baru yang ditetapkan pemerintah. Mempopulerkan Mandalika berarti membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat NTB,” kata Teguh.

Puncak acara HPN 2016 akan diselenggarakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, persis di lokasi pembangunan Politeknik Pariwisata NTB.

Sejumlah pejabat dipastikan ikut dalam pelayaran itu seperti Ketua DPD RI Irman Gusman, Menko Maritim dan Sumber Daya Alam Rizal Ramli, serta KSAL Laksamana Ade Supandi, dengan menggunakan KRI Makassar dari Pangkalan Utama Armada Timur TNI AL Ujung, Surabaya menuju Pantai Senggigi di Lombok.

Presiden yang didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, memastikan hadir membuka peringatan Hari Pers Nasional itu.

“Saya sudah blok waktu sehingga tidak ada kegiatan lain pada waktu itu,” ujar Jokowi.

Jokowi menyayangkan dirinya tidak bisa hadir pada HPN 2015 di Batam, Kepulauan Riau, tahun lalu, karena di saat bersamaan melakukan kunjungan kenegaraan ke Filipina.

Selain Penanggung jawab HPN 2016 Margiono dan Ketua Panitia HPN 2016 Teguh Santosa, hadir Ketua Dewan Pers Bagir Manan, Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) Ishadi SK, Ketua Forum Pemred Suryopratomo, Sekjen Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jamalul Insan dan anggota Dewan Pers Jimmy Silalahi, Tokoh pers Tarman Azam dan Ilham Bintang, Sekretaris Panitia Suprapto, Bendahara Panitia M. Ihsan, Bidang Konvensi HPN, Chelsia Chan. Wakil Gubernur NTB Muhammad Amien dan Ketua Dewan Penasihat PWI NTB Ismail Husni.

Dalam acara puncak HPN 2016 juga akan diserahkan penghargaan Anugerah Adinegoro, Anugerah Kebudayaan dan Spirit of Journalism. Selain itu juga akan ditandatangani sejumlah inisiatif seperti pencanangan Induk Kopeasi Wartawan, dan pembangunan Politeknik Pariwisata NTB serta bakti sosial operasi katarak. (Ist/mdtj; foto ist/indonesia.travel/Kementerian Pariwisata

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.