Jonathan Kuo Akan Mementaskan Karya Gemilang Dua Komponis Besar Dunia

by -

Visualindonesia, Jakarta,-

Pianis kebanggaan Indonesia, Jonathan Kuo bakal menampilkan karya-karya kolosal komponis besar dunia usai meraih sukses pada dua konser daring sebelumnya, ‘The Russians Connections’ dan The Great Three ‘B’.

Jonathan akan memainkan kelincahan jemari tangannya dalam program virtuosik membawakan karya dua komponis yang pernah tinggal dan berkarir di Leipzig, Jerman, yakni Robert Schumann (Symphonic Etudes, Op. 13) dan Felix Mendelssohn (Trio for Piano, Violin & Cello, Op 49).

”Keduanya adalah komposer Jerman yang terkenal. Alasan lain mengapa saya memilih keduanya adalah meski tinggal di daerah yang sama, mereka menunjukan karakter yang berbeda,” jelas pianis kelahiran 21 September 2002 ini, Kamis (30/9).

Sesuai tema, Jonathan mengangkat ‘In Leipzig’ sebagai penampilan ketiganya di tahun 2021. Penampilan pria yang akrab disapa Jo ini bisa disaksikan melalui kanal YouTube Jakarta Sinfonietta, Jum’at 1 Oktober pada pukul 20.00 WIB.

Jonathan Kuo bersama Ahmad Ramadhan (Biola/kiri) dan Dani K. Ramadhan (Cello)

Kali ini Jonathan akan tampil bersama dua rekannya dari Bandung yang juga anggota Jakarta Sinfonietta. Mereka adalah Ahmad Ramadhan (Biola) dan Dani K. Ramadhan (Cello).

“Dua teman saya ini memang musisi yang luar biasa dan berdomisili di Bandung, sehingga mudah melakukan kolaborasi. Kami sudah sering berkolaborasi bersama,” ujar Jonathan.

Untuk hasil yang maksimal, Jonathan telah berlatih sejak dua bulan yang lalu di bawah bimbingan Iswargia R. Sudarno dari Konservatorium Musik Jakarta.

Menurut Jo, karya yang dibawakannya nanti penuh tantangan dan termasuk karya yang sulit.

”Karya Felix Mendelssohn dan Robert Schumann sangat jarang dimainkan di Indonesia. Jadi, jangan terlewatkan untuk menyaksikan karya-karya mereka yang akan saya mainkan nanti,” ajak Jonathan.

Selaku mentor, Iswargia mengatakan anak didiknya itu sangat mencintai karya komponis besar.

”Salah satu komponis favorit Jonathan adalah Robert Schumann, yang dulu pernah tinggal di Leipzig,” jelas Iswargia.

Leipzig, imbuh Iswargia, merupakan kota penting dalam perkembangan musik di awal Abad 19, di samping Wina, Paris, dan London.

“Mendelssohn yang banyak berkarir di sana merupakan tokoh penting dalam perkembangan musik di kota itu,” ujar Iswargia.

Saat penampilannya nanti, Jonathan & Friends akan menyuguhkan karya apik sekitar 90 menit.

(*/vie; foto ist

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.