Efek Rumah Kaca Luncurkan Vinyl ‘Rimpang’, Eksplorasi Musik dalam Format Klasik

by -

Visualindonesia.com,-

Efek Rumah Kaca (ERK) kembali memanjakan penggemar dengan merilis album “Rimpang” dalam format vinyl, hasil kerja sama dengan demajors.

Album ini hadir dalam dua versi, regular (black) dan limited edition (clear), dengan peluncuran resmi pada 30 Agustus 2024 di kantor demajors. Vinyl versi regular dibanderol dengan harga Rp 450,000,- menjadikannya incaran para kolektor.

Acara peluncuran ini tidak hanya menawarkan penjualan vinyl, tetapi juga menghadirkan sesi meet and greet dengan anggota ERK. Penggemar dapat menikmati siaran langsung di Synchronize Radio melalui program “Jalan Sore-Sore” yang dipandu Mika Tobing dan Ammar Yazid.

Selain itu, ERK dan teman-teman mereka akan memainkan lagu-lagu dari piringan hitam, menciptakan suasana yang lebih intim dan eksklusif bagi para penikmat musik vinyl.

Bagi para penggemar yang tidak berkesempatan hadir di acara peluncuran, tidak perlu khawatir karena vinyl album “Rimpang” versi regular (black) akan tersedia mulai 31 Agustus 2024 di seluruh jaringan edar, juga website demajors. Lalu untuk versi limited edition akan menyusul dalam waktu dekat.

Terinspirasi dari teori rhizome oleh Deleuze dan Guattari, “Rimpang” merupakan gambaran tentang betapa harapan-harapan, baik yang kecil maupun besar, muncul secara acak, tak linier, tanpa hirarki, dan dalam berbagai situasi (santai maupun tertekan) menjalar secara diam-diam.

‘Heroik’ merupakan single pertama dari album “Rimpang”, sekaligus perkenalan atau kisi-kisi arah musikal ERK berikutnya. Selanjutnya, ‘Fun Kaya Fun’, fokus trek dalam album ini yang dibawakan bersama Suraa, pseudonim dari Cempaka Surakusumah yang kerap membantu ERK tampil di berbagai panggung.

Pada Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2023, Album “Rimpang” masuk ke dalam nominasi Album Alternatif Terbaik dan single ‘Fun Kaya Fun’ juga menjadi salah satu karya terpilih dalam nominasi Duo/Grup/Kolaborasi Alternatif Terbaik.

Kedua hal tersebut menjadi bukti bahwa “Rimpang” mendapatkan cukup banyak sorotan dan respons positif dari para khalayak luas.

“Karena ‘Rimpang’ adalah album terakhir saat ini, jadi selera estetika kami memang sedang ada di situ. Tentunya senang sekali dengan hadirnya vinyl ini, ragam kehangatan dalam mendengarkan album ‘Rimpang’ pun bisa banyak caranya. Bisa melalui platform streaming digital, CD, dan sekarang akhirnya vinyl,” ujar Cholil, sang vokalis.

(*/drel; foto ist

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.