KASAD Resmikan ‘Smart’ Instalasi Tahanan Militer Berbasis Artificial Intelligence

by -

Visualindonesia, Jakarta,-

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa meresmikan operasional ‘Smart’ Instalasi Tahanan Militer (ITM) canggih berbasis Information, Communication, Technology (ICT) dengan mengandalkan kemampuan artificial intelligence (AI).

Instalasi Tahanan Militer canggih tersebut berada di Markas Polisi Milter Kodam Jayakarta (Mapomdam Jaya), Setiabudi, Jakarta Selatan.

“Untuk pertama kalinya TNI Angkatan Darat memiliki smart instalasi rumah tahanan militer. Smart ini karena memang berbasis ICT atau information communication technology. Sehingga semuanya ini sudah diintegrasikan sedemikian rupa,” ujar Kasad Andika Perkasa di Mapomdam Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (20/4/2021).

Di hadapan ratusan awak media Andika Perkasa mengungkapkan, ITM tersebut sudah terintegrasi secara otomatis. Bahkan untuk menghidupkan lampu saja sudah terprogram secara otomatis.

“Semuanya ini sudah diintegrasikan sedemikian rupa. Satu sangat aman, kedua juga sangat terkendali karena semuanya sudah diprogram. Jadi sudah tidak lagi manual penguncian, kemudian nyala lampu dan semuanya. semuanya sudah diprogram secara elektronik sehingga bisa otomatis,” ungkap Andika Perkasa.

Kasad menjamin ITM canggih tersebut sangat manusiawi, sehingga minim terjadi praktek persekusi dan bullying. Semua dikendalikan oleh sistem yang dibangun berdasarkan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

“Tidak mungkin lagi ada bullying di dalam, karena segala bentuk gerakan ada analisisnya, dan analisisnya dilakukan oleh artificial intelligence,” paparnya.

Fasilitas instalasi rumah tahanan tersebut dibangun di atas lahan seluas 1.500 meter persegi dan dapat menampung sebanyak 83 prajurit binaan.

“Kita berharap, karena kami sedang menyusun rencana, semoga kita bisa mendapatkan satu lagi tahun ini dalam hal pengadaannya. Kalau pengerjaannya kan membutuhkan waktu,” kata mantan Pangkostrad itu.

Andika Perkasa menegaskan, keberadaan tahanan militer berbasis teknologi tersebut menjadi kebanggaan bagi TNI. Dia menitipkan instalasi tahanan militer ini kepada jajaran Kodam Jaya agar bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Saya titip kepada pejabat Kodam untuk benar-benar memanfaatkan kelebihan instalasi tahanan militer ini. Karena memang inilah yang seharusnya kita miliki, yang lebih manusiawi seperti ini,” pungkas Andika.

(drel; foto mm

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.