Sabang Diving Paradise Yachters Dunia

by -

Visual Indonesia, Sabang,-

Keindahan underwater Sabang menjadi surga baru para yachter dari Asia, Eropa dan Afrika. Karena alam baharinya sangat menawan, berpasir putih, jernih, langitnya biru, kehidupan bawah laut dengan terumbu karang dan ikan-ikannya sangat indah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, Zulfi Purnawati melihat para yachters itu ikut membawa dua sampai tiga crewnya untuk berwisata dan menyelam di spot-spot diving yang tak kalah kerennya dengan Raja Ampat ataupun Labuan Bajo.

Ada 20 spot menyelam yang paling digemari para yachter seperti Bangkai kapal Jerman (Sophie Rickmers), Batee Dua Gapang, Batee Meuroron, Batee Meuduro, Batee Tokong, Batee Gla, Rubiah Utara, Rubiah Seagarden, Pante Peunateung, Pante Seuke, Pante Ideu, Long Angen atau Pantai Gua, Limbo Gapang, Arus Balee, Seulako Drift, Sumur Tiga, Anoi Itam, Wreck Tugboat, Pulau Rondo, hingga mobil karang.

“Indonesia sudah terbukti the best diving spot in the world. Kita punya coral terhebat, terlengkap, terbaik di dunia. Dan semua spot tadi sudah diselami oleh penyelam dari berbagai belahan dunia, termasuk para yachter,” ucap Zulfi.

Di 20 titik selam tadi, suasana eksotis dan pemandangan menawan bisa dengan mudah dijumpai. Bangkai kapal Sophie Rickmers yang tenggelam sekitar tahun 1940-an misalnya. Spot selam ini kini menjadi salah satu lokasi penyelaman terbaik para pencinta diving dari belahan dunia.

Selain mengeksplor kapal produksi The Rickmers Werft Hamburg itu, wisatawan bisa melihat terumbu karang yang tumbuh alami pada bangkai kapal itu dan beragam ikan hias di sekitarnya.

Spot diving yang tak kalah unik lainnya bernama Underwater Volcano. Di sini wisatawan bisa menyelam di antara gelembung-gelembung udara yang naik membentuk rantai keluar dari celah pasir di dasar laut. Sensasi menyelam di air yang terasa hangat dengan ditemani ikan kecil yang bermain di antara puluhan rantai gelembung bisa disaksikan di sini.

Selebihnya spot Anoe Itam dan spot Batee Meuduroe juga menyimpan keindahan bawah laut yang membuat penyelam takjub. Keindahan terumbu karang dan ratusan jenis ikan menyajikan pesona bawah laut ini layaknya hamparan taman bunga.

Nggak hanya diving, snorkeling adalah alternatif lain untuk menikmati keindahan aneka terumbu karang dan berbagai jenis ikan di laut Sabang. Hanya perlu berenang di bibir pantai, wisatawan sudah bisa langsung terpesona dengan taman bawah lautnya.

Beberapa spot snorkeling yang dapat didatangi adalah Pantai Ujung Karang, Arun, Gapang, Iboih dan Rubiah. Di pantai Gapang, Iboih, dan Rubiah yang letaknya saling berdekatan, wisatawan bisa dengan mudah menyewa peralatan snorkeling atau diving.

Underwater Sabang sudah world class, hampir 98 persen objek wisata baharinya terbentuk dengan sendiri tanpa ada polesan tangan manusia. Beragam jenis spesies ikan ada di sini. Terumbu karangnya pun sangat luar biasa, pungkas Zulfi.

(hms/ yuri; foto ist

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.