2nd Taro Rangers Award Bagi Lendo Novo
Penggagas Sekolah Alam Pertama Indonesia

by -

Bogor, –

Untuk kedua kalinya PT. Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk. (PT. TPSF) mengadakan Taro Rangers Award. Dan kali ini PT. TPSF memberikan Taro Rangers Award 2016 kepada Lendo Novo selaku penggagas sekolah alam pertama di Indonesia (25/11) di Parung, Bogor.

Taro Rangers Award merupakan penghargaan kepada orang-orang atau lembaga yang memiliki kepedulian terhadap pembentukan karakter anak Indonesia melalui sistem pendidikan experiential learning. Dan pendiri School Of Universe (SOU) ini tahun 2016 berhasil dinobatkan.

“Taro Rangers Award adalah salah satu dari serangkaian kegiatan yang digagas PT. TPSF dalam payung besar Gerakan Anak Tangguh Indonesia. PT. TPSF juga meyakini bahwa niat baik gerakan ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan banyak pihak,” tegas CEO PT. TPSF, Joko Mokoginta.

Sedangkan Penerima Taro Rangers Award 2016, Lendo Novo mengucapkan rasa terimakasihnya atas apresiasi PT.TPSF, yang peduli dengan pendidikan karakter anak Indonesia lewat pendidikan experiential learning. Karena Sekolah Alam (SOU), yang digagasnya menerapkan pendidikan holistik yang mengintegrasikan nilai iman, ilmu pengetahuan, berlandas rasa cinta pada alam semesta dan kehidupan. Kita tidak sekadar membangun sekolah tetapi kita sedang membangun peradaban.

Sementara Marketing Director Snack PT. TPSF, Hetty Herawati, menambahkan bahwa,” melalui Taro Rangers Award kami ingin terus membantu membentuk karakter anak-anak Indonesia yang tangguh, cerdik, dan peduli, yang diyakini dapat terwujud salah satunya dengan mendekatkan anak ke alam, menjalani experiential learning, hingga anak Indonesia dapat mengembangkan bakat alami mereka dengan baik.”

Sekolah Alam (SOU), diawali dengan mendirikan Sekolah Alam Ciganjur, yang kemudian berlanjut menjadi SOU di Parung, Jawa Barat pada tahun 2004. Siswa yang mengenyam pendidikan di SOU dilatih untuk dapat membaca semesta dengan cara pandang utuh dan menyeluruh.

Pendekatan yang digunakan dititik beratkan pada pembelajaran keterampilan hidup (life skill) praktis yang luas. School of Universe menawarkan lingkungan belajar yang positif dan aktif (active learning) untuk anak-anak.

School of Universe membuka kelas untuk siswa Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah. Pada seluruh tingkat pendidikan, kurikulum dan penjenjangan proses pembelajaran bersifat fleksibel, senantiasa disesuaikan dengan perkembangan kejiwaan dan keunikan maupun bakat tiap siswa.

Taro Ranger Three 2Penganugerahan Taro Rangers Award, berdasarkan masukan dewan juri yang terdiri dari Kresno Wiyoso (Asosiasi Experiential Learning Indonesia), Ratih Ibrahim (Psikolog – Personal Growth), dan Bayu Sutiyono (Praktisi Media).

Kresno Wiyoso, selaku ketua dewan juri Taro Rangers Award 2016 menambahkan bahwa dipilihnya Lendo Novo lantaran kegigihannya memprakarsai berdirinya sekolah alam di Indonesia berdasarkan engalaman pahitnya semasa sekolah yang dirasakan membosankan dan mengekang kebebasan dalam pengembangan dirinya.

Karenanya, Ia menerapkan pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan memanfaatkan lingkungan dan alamnya sebagai tempat belajar dalam suasana yang menantang dan membahagiakan, sehingga selama proses belajar anak-anak dapat mengenali dan mengembangkan potensi dirinya sendiri.

Lebih dari itu, psikolog Ratih Ibrahim menjelaskan, Lendo adalah sosok pribadi yang unik. Idenya adalah ide yang out of the box. Ia melihat bagaimana pendidikan diselenggarakan untuk menyiapkan seseorang agar mampu menjalin masa depannya, menjadi pribadi yang utuh sesuai dengan talenta, yang saya percaya dikaruniakan Tuhan kepada dia. Dimana belum tentu lembaga-lembaga pendidikan yang ada pada umumnya mampu memfasilitasi talenta tersebut dengan baik. “Lendo melakukannya, untuk itu saya merekomendasikan Lendo sebagai pribadi yang berhak mendapatkan apresiasi Taro Rangers Award,” ujarnya.

Sejak tahun 2014 PT. TPSF giat melakukan beragam aktivitas yang diperuntukkan untuk anak usia 6-12 tahun yang mendekati prinsip membentuk karakter melalui alam. Diantara kegiatan itu: Aksi Tangguh Taro Rangers (program televisi yang dalam tiap episodenya diikuti anak-anak, yang harus menyelesaikan halang rintang baik secara perorangan maupun bersama-sama), Taro Rangers Camp (perkemahan 3 hari 2 malam untuk anak-anak dengan aktivitas outbound character building), dan Taro Rangers Award.

PT Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk (TPSF) merupakan perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2003. Sejalan dengan proses transformasi bisnis yang dicanangkan pada akhir tahun 2009, TPSF telah berkembang pesat dengan kombinasi akuisisi dan pola pertumbuhan internal.

TPSF mengakuisisi snack merek Taro beserta fasilitas produksinya dari PT. Unilever Indonesia, Tbk pada akhir tahun 2011. Dengan terus membangun kapabilitas sumber daya manusia, inovasi dan efisiensi di setiap lini kerja dan kepemimpinan yang mempunyai visi kuat, TPSF yakin akan dapat memenuhi komitmen untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan, keuntungan bagi investor, dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat dan kepada bangsa dan negara.

TPSF termasuk dalam Indeks Kompas 100 dan mendapat Best Consumer Goods Industry Public Listed Company serta masuk dalam daftar “A List of the Top 40 Best Performing Listed Company”.

Taro merupakan merk makanan ringan yang diproduksi oleh PT. Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk. Melalui brand Taro, TPSF banyak melakukan kegiatan-kegiatan Corporate Social Responsibility untuk anak-anak berusia 7 – 12 tahun. Kegiatan ini selain untuk mendukung penggemar Taro baik secara langsung maupun tidak.

Mei 2016 lalu, Taro telah melaksanakan kegiatan Taro Rangers Camp yang akan mengundang anak-anak cerdik, tangguh dan peduli, berusia 9-12 tahun untuk berpartisipasi pada perkemahan nasional. Karena komitmen yang kuat dari Taro untuk terus melakukan kegiatan pemasaran yang berbasis edukasi, Taro berhasil mendapatkan penghargaan Best Road Show Activation dan Indonesia’s Best of the Best CSR Program 2014, lalu Taro Go Green pada tahun 2014 dari Majalah MIX. Selain itu brand Taro berhasil mendapat predikat The Indonesian Best Brand Award (IBBA) selamat 3 tahun berturut-turut untuk kategori snack.

(mm/tjo; foto ist

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.