'Pulau Perawan' di Habitat Biawak Air Asin

by -

Indramayu,-

Pulau Biawak adalah sebuah pulau yang masih perawan terletak di Laut Jawa di Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Pulau ini menarik untuk dikunjungi karena terkenal sebagai objek wisata bahari dengan taman laut nan elok dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri di habitat Biawak Air Asin.

Terletak di sebelah utara semenanjung Indramayu atau sekitar 40 kilometer dari pantai utara Indramayu. Daratannya yang seluas 120 hektare ini juga kaya dengan tanaman bakau yang hijau dan rapat dipandang dari ketinggian. Untuk menikmatinya, hanya membutuhkan perjalanan sekitar 3 sampai dengan 4 jam menggunakan perahu motor dari pelabuhan Karangsong, Indramayu.

Pulau Biawak (bersama Pulau Candikian dan Pulau Gosong, red) menjadi gugusan Kepulauan Biawak yang sesungguhnya nama pulau tersebut adalah Pulau Rakit. Pemkab Indramayu menamakannya Pulau Biawak banyaknya satwa biawak (varanus salvator) yang hidup di kepulauan ini tapi uniknya biawak-biawak itu dapat hidup di habitat air asin.

Pulau itu memiliki pesona wisata yang elok, karena karangnya yang masih ‘perawan ‘ dan hidup. Apalagi bila menjelang matahari terbenam, puluhan biawak dengan panjang antara 20 centimeter hingga 1,5 meter terlihat berenang di tepian pantai berburu ikan untuk kebutuhan makannya disinari temaramnya matahari senja.

Di pulau itu juga terdapat Mercusuar dengan ketinggian sekitar 65 meter, peninggalan ZM Willem yang di bangun tahun 1872. Hingga kini, bangunan itu masih setia memandu kapal-kapal besar maupun kecil yang melintas.

Pulau Biawak, potensi alamnya dapat memuaskan para pemburu kenikmatan wisata. Hanya sayangnya pulau cantik itu benar-benar masih perawan. (mdtj/ foto muller

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.