Korindo Group Garap Pilot Project

by -

Kawasan Agrowisata Bulukerto

Jakarta, –
Perubahan iklim global terbukti menyebabkan wilayah Indonesia mengalami kekeringan dan kebakaran hutan yang mengakibatkan bencana asap nasional. Oleh karenanya Korindo Group melihat perlu upaya mengedukasi masyarakat untuk pelestarian lingkungan dan tentunya dalam mengatasi krisis air. Salah satu programnya yakni penanaman 5.000 bibit pohon Beringin di Kawasan Agrowisata Bulukerto, Wonogiri, demikian dijelaskan J. Andre Roberto, selaku GM HRD Korindo Group.

Pilot project ini diinisiasi, lanjut Andre bersama dengan Paguyuban Budiasi, Perhutani , Gerakan Hijau Bumi dan Mbah Sadiman, selaku pelopor sekaligus inspirator pelestarian lingkungan Wonogiri, dan tentunya jajaran Muspida setempat . Bahkan tidak saja bibit Beringin yang ditanam, melainkan juga ada bibit pohon Trembesi, Durian dan Alpukat.

Sementara CEO Korindo Group, Robert Seung menyatakan kekagumannya pada sosok mbah Sadiman yang selama 20 tahun atas kerja-kerasnya melestarikan lingkungan dengan menanam pohon Beringin hingga mampu menghasilkan air bersih bagi masyarakat. Keteladanan inilah mendorong Korindo Group menjadikannya Kawasan Hutan di Bulukerto Wonogiri sebagai kawasan agrowisata yang nantinya mampu menjadi sumber peningkatan ekonomi masyarakat melalui penjualan hasil tanaman buah dan juga wisata alamnya.

Seperti diketahui kepedulian kelompok perusahaan asal Korea ini melestarikan lingkungan menjadi upaya membangun kesadaran dan budaya kehutanan yang mulai ditinggalkan masyarakat. Sehingga tidak saja di Wonogiri , upaya serupa juga dilakukan dilakukan di daerah-daerah lain dimana kelompok perusahaan ini berada seperti di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah, Halmahera hingga Papua.

J. Andre Roberto berharap sebagai bagian dari rangkaian CSR Korindo Group (sepanjang tahun 2015 mencapai 200 milyar rupiah lebih), pilot project ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat serta generasi mendatang untuk mampu menjaga budaya melestarikan lingkungannya. Selain turut menginformasikan bahwa penanaman pohon Beringin dapat menjadi solusi mengatasi kekeringan yang kini dihadapi di sejumlah daerah di Indonesia. Oleh karenanya harus ada tekad kuat mewariskan hutan lestari untuk generasi penerus bangsa.(mdtj ; foto mtaufik

Leave a Reply