Ini Kisah Tiga Dara
“Merayakan 60 Tahun Film Tiga Dara”

by -

Jakarta,-

Film Tiga Dara, adalah sebuah film drama musikal Indonesia yang disutradarai oleh Usmar Ismail (Bapak Perfilman Indonesia), yang pertama kali dirilis untuk umum pada tahun 1956. Tidak hanya sukses secara komersil, film ini menjadi trend-setter sosial dan budaya yang sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat indonesia pada masa itu.

Musik-musik indah dan abadi pada film ini diarahkan oleh komponis legendaris indonesia Saiful Bahri, dan dengan lagu-lagu yang diciptakan oleh Saiful Bahri, Oetjin Nurhasjim, serta Ismail Marzuki. Film Tiga Dara Mendapat penghargaan Piala Citra untuk kategori Musik Terbaik pada Festival Film Indonesia Pada Tahun 1960.

60 tahun kemudian, pada tanggal 1 september 2016 yang akan datang, akan diluncurkan film Ini Kisah Tiga Dara, sebuah film drama musikal yang disutradarai olrh Nita Dinata yang terinspirasi dari film Tiga Dara. Dalam film Ini Kisah Tiga Dara, musik dan lagu dibuat oleh Aghi Narottama dan Bemby Gusti, dengan lirik ditulis oleh Nia Dinata, Lucky Kuswandi, Ioannis Papadimitriou, dan Reuben Elishama.

Tidak seperti pada film Tiga Dara dimana hanya Mieke Widjaja (pemeran tokoh ‘nana’ pada film Tiga Dara) yang menggunakan suara aslinya untuk bernyanyi, maka pada film Ini Tiga Dara semua pemerannya masing-masing menyanyikan semua lagu dengan menggunakan suara asli mereka sendiri, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemeran yang tidak memiliki latar belakang dan pengalaman menyanyi sebelumnya, seperti Tara Basro dan Tatyana Akman, mereka mendapat pelatihan khusus dari pelatih vokal Indra Aziz.

(yok/mdtj;foto ist

Leave a Reply