Alfatainment Industri Baru Musik Digital Indonesia

by -

Jakarta,-

Perkembangan yang pesat digitalisasi musik dunia, suka atau tidak suka telah mengubah ritual ‘pasar musik’ di Indonesia. Ilegal download merebak dan menjadi hal yang sulit ditindak seperti halnya penegakan hukum bagi pembajakan kaset di masa lalu. Kini dengan 11.400 an gerainya yang berada di seluruh Indonesia, PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, selaku retailer Alfamart Group, melalui Alfatainment-nya menjadi Industri Baru Musik Digital Indonesia.

Menggandeng PT.Generasi Indonesia Digital (Gen ID) dan musisi muda terkemuka Indonesia, Glenn Fredly, melakukan perubahan budaya distribusi musik digital Indonesia. Tentunya melalui konsep Konten yang Genuine dan Berkualitas serta harga yang terjangkau. Mengingat Alfatainment dapat diakses oleh masyarakat luas hingga ke pelosok-pelosok daerah melalui jejaring Alfamart-nya.

Sukses PT.Sumber Alfaria Trijaya Tbk., dengan aplikasi Alfagift, Gamesfishmart, dan e-commerce Alfaonline. Kini berkomitmen untuk mengembangkan dunia digitalisasi musik dan film yang dapat diunduh di Playstore handphone berbasis Android. Alfatainment dengan didukung RPM, Nagaswara, PT.Indo Semar Sakti, Musik Bagus, Alfa Records, E-Motion dan Wanna-B, memberikan dua layanan utamanya yakni music download dan aplikasi artis, jelas Ryan Alfons Kaloh, Direktur Marketing Alfamart.

Sementara itu, lebih jauh Gen ID melalui M.Gopal Uttiarachman memastikan bahwa musik-musik di Alfatainment melalui teknologi yang dimilikinya dijamin tidak bisa di download secara ilegal. Dengan demikian artist penyanyi mendapatkan kepastian keamanan lagunya tidak dengan mudahnya dibajak oleh siapa pun.

Di sepanjang masa perkenalan produk musik digital Alfatainment ini, tambah Gopal, para konsumen Alfamart dapat men-download lagu artis penyanyi pujaannya hanya dengan Rp.5000,- saja. Bahkan tidak itu saja, konsumen pun dengan uang kembalian belanjanya Rp.1000,- pun masih dapat mengaplikasi artis pujaannya serta sekaligus menjadi “Fans Premium” artis tersebut selama sepekan dengan berbagai kemudahan yang didapatkannya.

Kehadiran Alfatainment memang tak kalah unik dibandingkan aplikasi musik lainnya yang telah ada, karena dia dapat mendekatkan langsung sang artis dengan penggemarnya di seluruh pelosok daerah di Indonesia, tegas Glenn Fredly, karena selain terjangkau konsumen Alfatainment juga memudahkan sang artis untuk bekerjasama secara langsung. Ini salah satu bentuk kecanggihan dari perkembangan digital musik di Indonesia.

Tentunya, pungkas Glenn, di sisi lain ini sangat dibutuhkan Sang Artis terhadap para pemasang iklan, yang sekaligus menjadi viral diantara publik digital itu sendiri, karena inovasi produk digital musik tiada henti di tengah trend Internet yang terus mewarnai kehidupan kita sehari-hari.

(mdtj; foto Nyg

Leave a Reply