Pantai Ampenan Surga Indah
Kemashyuran Pelabuhan Kota Tua Mataram

by -

Mataram,-

Mengunjungi Kota Mataram tak afdhol bila tak mampir ke Pantai Ampenan, dimana lokasi tersebut merupakan bekas dermaga yang menjadi saksi bisu kejayaan kota ampenan pada jaman dulu kala. Dan kejayaan itu jelas tergambar melalui sederetan relief di dinding besar di halaman depan Pantai Ampenan.

Kini…Pantai kebanggaan Kota Mataram tengah terus berbenah, lokasinya yang hanya 15 menit dari pusat Kota Mataram itu menyimpan sejuta kisah kejayaannya sebagai pintu masuk perdagangan dan bisnis dari luar Kota Mataram.

Dan indahnya pasir Pantai Ampenan, juga dapat dinikmati melalui beragam kegiatan pantai seperti berenang di lepas pantai, bola pantai, bermain pasir, memancing hingga surfing di musim-musim tertentu.

Pantai Ampenan ini juga semakin dilengkapi oleh deretan bangunan Kota Tua Ampenan. Sebuah saksi sejarah kejayaan Kota Ampenan sebagai Kota pelabuhan yang ramai. Peninggalan bangunan tua yang masih berdiri kokoh hingga sekarang, banyak dimanfaatkan menjadi gudang, toko, warung makan dan sebagainya.

Soal kuliner di Pantai ini … duh jangan ditanya, karena kuliner rakyat bisa banyak ditemui ragamnya di pantai yang dikelilingi kampung-kampung Arab di sekitar dermaga itu. Harganya pun sangat terjangkau.Mulai dari sate ikan, plecing, urap, es kelapa, jagung bakar/rebus, sampai Warung Seafood yang lagi ngehits pun ada lho. Kios-kios pedagang makanan atau minuman pun rapi berderet disana.

Pantai Ampenan bukan cuma indah pemandangannya, tapi juga keelokan Kota Tuanya yang pernah berjaya sebagai pelabuhan dagang utama kini harus terus diremajakan agar menjadi kenangan abadi dari generasi ke generasi.

(mdtj; foto pung

Leave a Reply