Konser Ananda Sukarlan Gandeng Rudi Fernandez Cardenas

by -

Jakarta,-

Konser Ananda Sukarlan pada medio September ini menggandeng Kedutaan Besar Peru dengan menampilkan penyanyi tenor, Rudi Fernandez Cardenas. Ananda Sukarlan, merupakan komposer Indonesia pertama yang secara intensif dan ekstensif mengawinkan sastra dengan musik. Dia juga mencipta musik dari prosa, cerita pendek bahkan dari sekedar dari sebuah tweets.

Sedianya konser berlangsung 8 September mendatang di Usmar Ismail Hall, Kuningan, Jakarta. Seperti diketahui, Kedutaan Besar Peru mempercayakan Ananda sekaligus membuat konser perayaan ulang tahun ke-40 hubungan diplomatik antara Indonesia dan Peru. Dimana unsur-unsur budaya kedua negara sangat kental ditampilkan dalam konser ini.

Peru menghadirkan penyanyi bariton terbaiknya, Rudi Fernandez Cardenas dan Indonesia yang akan berkolaborasi dengan penyanyi soprano coloratura Indonesia, Evelyn Merrelita. World Premiere dari karya musik terbaru Ananda bertajuk “Amistad” (“Persahabatan”) ditampilkan juga.

Dinamisasi flute, piano dan string quartet menadi kombinasi menarik dan sangat unik lantaran elemen musik tradisional Peru dan Indonesia dimainkan dalam kombinasi tersebut. Selain menghadirkan pula karya-karya penyair Peru, Cesar Vallejo dan Jose Luis Mejia, serta penyair Indonesia Sirikit Syah, Wiji Thukul serta musik karya komposer Mochtar Embut.

Hal menarik lainnya suara bariton dari Peru bakal menyanyikan beberapa lagu Indonesia, sedangkan suara soprano Indonesia menyanyikan beberapa lagu Peru (Spanyol). Ini menjadi sebuah simbol akulturasi budaya yang menarik. (mdtj ; foto muller

Leave a Reply