Turbokidz Balut 5 Karya Apik dalam EP Bertajuk ‘Transition’

by -

Visualindonesia.com,-

Pasca dirilisnya album Oranye pada November 2022, Turbokidz, moniker dari Ican Pane, gitaris grup musik asal Medan, Pijar, kembali merilis kumpulan karya dalam sebuah EP bertajuk “Transition” pada 2 Agustus 2024.

Seperti yang lalu, EP ini merupakan hasil kerja sama dirinya dengan label rekaman asal Jakarta, demajors.

“Transition” berisikan 5 trek, dengan ‘Perfection’ sebagai pembukanya. Trek yang sempat dirilis sebagai single pada Maret 2024 lalu itu berkisah tentang sebuah rasa yang membuat seseorang kembali menjadi diri sendiri.

Dilanjut dengan ‘Imagination’ yang terinspirasi dari khayalan menjalin kasih dengan seorang selebritas yang dikagumi, dan kemudian ‘Jovial’, yang menjadi focus track perilisan EP, yang berisi pesan penyemangat untuk terus bangkit.

Pada trek ke empat, ‘Ambition’, dikisahkan keinginan untuk terus mencintai orang terkasih, dan kemudian ditutup dengan ‘Required’, yang mengekspresikan rasa tenang saat bersama dengan kekasih, hingga terasa seperti pulang ke rumah.

Turbokidz

“’Transition’ adalah karya yang cukup personal. Saya merasa saat ini merupakan fase yang lebih baik dalam menjalani kehidupan, dan juga berkarir musik. Pengalaman hidup yang saya lalui setahun belakangan ditumpahkan ke dalam EP ini,” ujar Ican.

“EP yang menggambarkan sebuah proses perubahan untuk menjadi sesuatu yang lebih baik, termasuk dalam berkarya. Transition adalah tentang penemuan dan penerimaan. Untuk menemukan cinta yang benar-benar baru, dan menerima diri sendiri, terlepas dari belenggu pahit masa lalu,” tambahnya.

Dalam prosesnya, pengerjaan “Transition” dibantu oleh beberapa sejawat Ican seperti Iqbal Firdaus Putra dari grup indie rock Bogor, Texpack, yang mengisi drum pada lagu ‘Perfection’, ‘Imagination’, ‘Jovial’, dan ‘Ambition’, lalu Aul Daytona, rekannya di grup Pijar, yang mengisi drum di lagu ‘Required’.

Kemudian Dovi Martindas, yang kerap bermain bersama Pamungkas, turut mengisi terompet pada lagu ‘Imagination’ dan ‘Jovial’, sementara posisi gitar bas diisi oleh Ivan Wirawan dari grup Happiest Lokal. Ican sendiri tampil memainkan gitar, kibor, dan synthesizer.

Sesi rekaman pun dilakukan di berbagai tempat. Contohnya instrumen drum di ‘Perfection’ dan ‘Jovial’ yang direkam di Emic/etic Studio oleh Kevin Valeryan, kemudian ‘Imagination’ dan ‘Ambition’ yang direkam oleh Deni Noviandi di Bens and Co Studio, Bogor, dan ‘Required’ yang direkam oleh Haruchika Setiadi di Great Wave Studio, Jakarta Barat.

Proses mixing dan mastering dilakukan secara mandiri oleh Ican Pane kecuali pada lagu ‘Perfection’, yang dibantu oleh teman sekolahnya, Radhi Nurhani.

Mini album “Transition” diinspirasi oleh musik era ‘90 dan 2000-an, yang didominasi oleh lagu-lagu yang bertempo relatif medium.

Kali ini Turbokidz lebih berfokus pada irama yang dikendarai oleh drum dan bas, yang kemudian dibalut dengan synthesizer, terompet, serta vokal yang telah disesuaikan.

“Transition” dari Turbokidz sudah bisa didengarkan di seluruh platform streaming digital antara lain, Spotify, TikTok Music, YouTube Music, Apple Music, dan Langit Musik.

(*/drel; foto ist

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.