Festival Pesona Aekhula 2024 Gelar Aekhula Run Diikuti 700 Peserta

by -

Visualindonesia.com,-

Festival Pesona Aekhula 2024, pada Sabtu (25/5/2024) diisi dengan  lomba lari Aekhula Run kategori jarak 5K dan 10K untuk pria dan wanita.

Sejak pagi antusias peserta lomba sudah terlihat memadati area lomba. Berdasarkan data panitia sekitar 700 peserta lomba yang telah mendaftar di Aekhula Run.

Antusiasme peserta lomba lari tak hanya dari masyarakat Nias Barat saja, namun juga diikuti atlit-atlit dari Tapanuli Tengah, Pematang Siantar, Medan hingga atlet dari Aceh.

Antusias peserta lomba lari Aekhula Run 2024

Kegiatan Aekhula Run 5K dan 10K berjalan sukses dilepas oleh Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu. Start dan finish dilakukan di pantai Gu’u Sirombu, Nias Barat pada Sabtu (25/5).

Bupati Khenoki berpesan kepada semua peserta lomba untuk mengikuti semua aturan yang ditetapkan panitia, menjaga keamanan dan ketertiban selama lomba berlangsung.

“Kepada anak-anak peserta Aekhula Run yang ikut lomba untuk mengikuti aturan yang ada, jaga keamanan dan ketertiban dan juga jaga kesehatan,” kata Bupati Khenoki.

Kepada tim medis, Bupati juga berpesan agar selalu siap sedia dan terus memantau peserta lomba. Bila ada peserta lomba yang memerlukan pertolongan, agar segera ditangani dengan cepat dan baik,” tegasnya.

Aekhula Run memperebutkan total hadiah mencapai Rp 150 juta. Untuk Aekhula Run 10K, juara pertama kategori pria dimenangkan oleh Daniel Simanjuntak dari Sibolga dengan waktu tempuh 35 menit 56 detik. Sementara Arman Zebua dari Helvetia Medan dengan waktu tempuh 37 menit 30 detik meraih tempat kedua, dan juara ketiga diraih Berman Halasan Siahaan dari Siborong-borong dengan waktu tempuh 37 menit 95 detik.

Sementara untuk pemenang Aekhula Run 10K wanita, juara pertama dimenangkan Ina Lidya dari Aceh dengan waktu 47 menit 04 detik. Juara kedua Pesta Rameria Simanjuntak, 48 menit 59 detik. Sedangkan Cintya Manalu meraih juara ketiga dari Siborong-borong dengan waktu 50 menit 49 detik.

Untuk kategori Aekhula Run 5K pria dimenangkan oleh Josua Simanjuntak dari PPLP Sumut. Juara kedua Histia Nababan dari Tapanuli Utara. Juara ketiga Muzakkir dari Kodim Aceh.

Sementara untuk pemenang Aekhula Run 5K wanita dimenangkan oleh Yaumil Fauziah dari PPLP Sumut. Juara kedua Wildasari Mendrova dari Klub Jaya Atletik. Juara ketiga Windi Febrian dari Nias Utara dan juara ke-empat Yustina Jaluhu dari Nias Utara.

Selain hadiah yag diberikan panitia, Bupati Nias Barat juga memberikan hadiah kepada para pemenang lomba Aekhula Run 2024 yang berasal dari uang pribadi.

“Jangan lihat nilai hadiahnya, tapi lihat semangat dan motivasi yang diberikan kepada rakyat. Nanti selesai acara agar datang mengadap Bupati untuk mengambil hadiahnya,” pesan Bupati kepada peserta lomba lari.

(*/drel; foto ist

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.