'Wonderful Indonesia' Menuju ASEANTA Awards for Excellence 2016

by -

Jakarta,-

Demi meningkatkan kualitas dan kuantitas promosi pariwisata Indonesia, ‘Wonderful Indonesia’, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kementerian Pariwisata tengah mempersiapkan diri ‘Menuju ASEANTA Awards for Excellence 2016’, pada awal Januari 2016 mendatang di Manila, Philipina.

“Keikutsertaan Indonesia kali ini sebagai salah satu upaya untuk mengejar target 2019 sebesar 20 juta wisatawan mancanegara dan tentu harus diimbangi kerja keras yang cerdas dan kreatif serta memuat kebaruan dimana salah satu diantaranya penguatan brand Wonderful Indonesia. Oleh karenanya inilah babak baru yang penuh tantangan mendebarkan, sekaligus menggairahkan dan menyenangkan,” jelas I Gde Pitana, Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kemenpar.

Seperti diketahui Organisasi Pariwisata ASEAN atau ASEAN Travel Association (ASEANTA) untuk ke-29 kalinya menggelar ASEANTA Awards for Excellence 2016. Sebuah penghargaan yang diberikan kepada individu dan organisasi yang telah dinilai memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan promosi kebudayaan dan pariwisata di kawasan ASEAN. Dan dalam 29 tahun terakhir penghargaan ASEANTA Awards lebih banyak dimenangkan Singapura, Malaysia dan Thailand.

ASEANTA Awards 2016 menjadi hal yang penting bagi Indonesia, tegas Noviendi Makalam, selaku Direktur Wonderful Indonesia, karena penghargaan dalam perhelatan tersebut sangat bergengsi bagi dunia pariwisata seperti Penghargaan Oscar yang diterima oleh insan perfilman internasional.

Jadi, dengan semangat dan tekad ‘tidak ada kemenangan yang tidak direncanakan’, lanjut Noviendi, maka untuk pelaksanaan ASEANTA Awards Januari 2016 mendatang, dibuatlah Forum Group Discussion (FGD) untuk memberikan materi terbaik atau masukan yang diusulkan atau dinominasikan Indonesia ke pihak panitia atau Tim Juri ASEANTA Awards 2016 nanti. Selain juga menentukan strategi pemenangan untuk meraih penghargaan di seluruh kategori yang ada.

Ada pun 6 (enam) target penghargaan yang di bidik Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kemenpar, pada ASEANTA Awards 2016 yakni Best ASEANTA Tourism Foto, Best ASEANTA Travel Article, Best ASEANTA Marketing & Promotional Campaign, Best ASEANTA New Tourism Attraction, Best ASEANTA Airlines Programme for ASEAN, dan Best ASEANTA CulturalPreservation Efforts.

Kementerian Pariwisata membuka kesempatan luas dan mendorong setiap individu atau organisasi dalam industri pariwisata untuk bangga pada produk dan layanan mereka dan dengan percaya diri mengajukan memasuki kompetisi ini. Tentunya para kreatif muda yang berani menampilkan gagasan-gagasan baru baik lewat bidang penulisan, fotografi maupun desain. (mdtj; foto muller

Leave a Reply