Tomohon International Flower Festival, Tingkatkan Sektor Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat

by -

Visualindonesia, Tomohon,-

Ajang Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019 akan semakin berkembang terdukung oleh pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang dari segi aksesibilitas maupun promosi. Hal ini diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat membuka TIFF 2019, beberapa waktu lalu di Tomohon, Sulawesi Utara.

“Kapasitas bandara Sam Ratulangi akan diperbesar dari 2 juta menjadi 6 juta per tahun, pelebaran jalan dan tol agar investasi masuk ke KEK Likupang, dan adanya anjuran agar Pemda menonjolkan kekayaan budaya dengan menggelar event pariwisata,” ujar Menpar Arief Yahya.

Komitmen Presiden dalam pengembangan pariwisata di Sulawesi Utara, terutama KEK Likupang bukan tanpa alasan. Sederet prestasi sukses membuktikan potensi pariwisata Sulawesi Utara, khususnya Tomohon di level internasional.

“Sejumlah prestasi telah dibuktikan Sulawesi Utara. Salah satunya, Sulawesi Utara meraih The Rising Destination of The Year 2019 dengan Absolute Growth kunjungan wisman tahun 2015-2018 sebesar 518 persen dan wisnus sebesar 90 persen,” ujar Menpar.

Prestasi lain yang berhasil diraih Sulawesi Utara di antaranya Taman Nasional Bunaken memperoleh penghargaan sebagai The Most Beautiful Destination 2016 pada ajang Diving and Resort Travel Expo (DRT) dan Pulau Siladen mendapat penghargaan sebagai The Best Dive Centres and Resort in the World 2017 dan 2018 versi Dive Magazine.

Event Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019 disebut Menteri Pariwisata sebagai event bunga terbaik nasional. Dengan tema “The Greatest Love of All”, TIFF 2019 digelar dengan total 32 kendaraan hias dari berbagai daerah di Indonesia dan perwakilan 5 negara sahabat (Nepal, Ukraina, Australia, Korea, dan Amerika Serikat).

“Selamat, karena TIFF 2019 telah menjadi trending topic. Ini berarti perhatian masyarakat sedang terpusat ke Tomohon,” ujar Menpar Arief.

Berdasarkan tim kurator Kementerian Pariwisata, TIFF dipastikan kembali masuk ke dalam Calendar of Event 2020.

“Bagi saya, TIFF merupakan event yang sangat layak karena sustain dan selalu ramai. TIFF adalah festival bunga terbaik nasional,” jelas Menpar Arief.

Sementara itu, Wali Kota Tomohon, Jimmy F. Eman mengatakan, penyelenggaraan event tahunan TIFF diharapkan dapat berdampak baik terhadap sektor perekenomian dan kesejahteraan rakyat. Hal ini pun terbukti dari Absolute Growth Wisman Tomohon tahun 2015-2018 sebesar 517 persen dan wisnus sebesar 140 persen.

“Pemerintah Tomohon berkomitmen menjadikan pariwisata sebagai sektor utama karena Tomohon memiliki beraneka ragam objek pariwisata unggulan. TIFF merupakan kegiatan tahunan yg kami harap dapat berdampak meningkatkan sektor perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Tomohon. Berdasarkan evaluasi, TIFF dari tahun ke tahun semakin baik dalam penyelenggaraannya,” ujar Jimmy.

Peluncuran varietas Bunga Lily Iriana, yang terinspirasi oleh nama ibu negara Republik Indonesia dan pemecahan rekor MURI melalui Tarian Ma’zani terbanyak yang diikuti oleh 1.530 penari yang berprofesi sebagai guru juga menjadi agenda dalam TIFF 2019.

“Tahun depan kami harap TIFF 2019 dapat menjadi salah satu dari Top 10 event Kementerian Pariwisata,” kata Jimmy F. Eman.

(ril/mm; foto dok. Puskomlik kemenpar

Leave a Reply