Kampung Leuit, Kerinduan Tanah Pasoendan

by -

Lembang,-

Menikmati suasana pedesaan yang tenang nan asri dengan bangunan-bangunan beratap ijuk, berdinding bilik dengan desain khas Pasoendan tempo doeloe. Apalagi diselingi semilir angin dengan hijaunya tanaman padi yang mulai menguning, sungguh merupakan suasana yang membawa kepada sejuta kenangan tanah Priangan.

Dan Leuit, sesungguhnya adalah bangunan kayu tempat penyimpanan padi yang biasa terdapat di daerah pasundan, merupakan bangunan khas sunda yang dibuat dari tiang-tiang kayu, dengan dinding bilik bambunya. Sementara atapnya beralaskan ijuk. Saat ini susah untuk menemukan bangunan semacam ini di Jawa Barat, kecuali di daerah-daerah yang masih menjunjung adat istiadat Pasoendan-nya.

Kampung Leuit, obat atas kerinduan akan adanya bangunan tempo dulu tanah Pasoendan, kita dapat menemukannya di Floating Market Lembang. Meskipun tidak di fungsikan sebagaimana orang-orang Sunda jaman dulu yang memanfaatkan Leuit sebagai tempat menyimpan cadangan atau stok gabah yang dapat digunakan disaat-saat tertentu.

Oleh karenanya, setidaknya kita masih dapat merasakan suasana dan visual yang khas bumi Parahyangan dengan Leuit serta suasana pedesaan Jawa Barat yang ada pada zaman dulu.

Sedangkan bagi yang merindukan permainan/kegiatan khas anak-anak pedesaan, disini tersedia juga panggung budaya Pasoendan, tentunya dengan permainan mancing belut yang mengasyikan. (*md.tjoek

Leave a Reply