Turah Parthayana
Dari Vloger Ingin Jadi Bintang Film

by -
Turah Parthayana

Visualindonesia, Jakarta,-

Sosok Turah Parthayana tentu sudah tidak asing lagi bagi para penjelajah dunia Vlog di channel Youtube. Pria asal Bali ini menjadi istimewa lantaran dia banyak memberikan informasi pendidikan dan kehidupannya di Kota kecil Tomsk Rusia yang memiliki suhu dingin ekstrim hingga minus 37 derajat celcius melalui video blog-nya.

Turah Parthayana hadir di Pusat Kebudayaan Rusia, Menteng, Jakarta pada Sabtu (11/8/2018) untuk menjadi seorang influencer bagi para remaja yang ingin melanjutkan sekolahnya ke Rusia. Turah berbagi pengalamannya selama bersekolah dan menetap di Tomsk Rusia.

Turah Parthayana

“Awalnya saya ke Rusia melalui sebuah agency. Setelah di sana, saya dapat info tentang adanya beasiswa dari Pusat Kebudayaan Rusia lewat Program Khusus Pendidikan. Saya coba ikut program itu dan berhasil,” ungkap pria kelahiran Bali 7 September 1997 ini.

Program beasiswa sekolah di Rusia biasanya di peruntukkan bagi orang Indonesia yang ada di Indonesia. Sedangkan Turah justru merupakan orang Indonesia yang telah berada di Rusia untuk bersekolah.

“Beasiswa yang saya peroleh berlangsung selama 5 tahun. Satu tahun untuk belajar Bahasa Rusia, sedangkan 4 tahun sisanya untuk selesaikan program sarjana manajemen,” ungkap Turah.

Keinginan bungsu dari empat bersaudara ini selanjutnya adalah membuat film pendek tentang kisah keluarganya dan menjadi seorang bintang film.

Pengalaman unik Turah selama proses belajar dan memasuki kehidupan di Tomsk, dibagikannya melalui tayangan Vlog-nya yang membuat dirinya terkenal dengan kisah kehidupan dan budaya masyarakat Rusia di Tomsk ke seluruh Indonesia, Brunei, dan Malaysia.

Awalnya, Turah membuat Vlog-nya di Tomsk Rusia bersama Parus Story, kini dia sudah memproduksinya sendiri dengan namanya, `Turah Parthayana`.

Meski baru setahun belakangan berlangsung dengan nama Turah Parthayana, namun sudah menghasilkan 47 Vlog dengan 256 ribu subscriber dan jangan ditanya jumlah penonton Vlog-nya, karena pada Vlog The Life Russian in Apartement sudah menembus hingga 3 juta kali ditonton.

Turah Parthayana saat memberikan pengalamannya di Pusat Kebudayaan Rusia, Menteng, Jakarta.

Sementara pada Vlog Cuaca Dingin Ekstrem di Tomsk Russia – 37 Derajat sudah ditonton sebanyak 2,5 juta kali, atau lewat Vlog Boy and Girls in Rusia 1,3 juta kali, Jawaban Cewek Russia untuk Anak Indonesia yang ditonton 1.1 juta kali, atau Vlog Belajar Bahasa Rusia Langsung sama Orangnya 854 ribu kali ditonton.

Turah merasa beruntung karena dari hasil Vlog-nya sudah dapat memenuhi kebutuhan hidupnya selama berada di Kota Tomsk Rusia. Keinginan bungsu dari empat bersaudara ini selanjutnya adalah membuat film pendek tentang kisah keluarganya dan menjadi seorang bintang film.

(ayen; foto mm

Leave a Reply