"Tropical Bohemian" Karya Kolaborasi Dian Pelangi, Odette dan Nelly

by -

Jakarta,-
Perhelatan Jakarta Fashion Week 2016 pada akhir Oktober 2015 ini menjadi momentum desainer Dian Pelangi, untuk menampilkan hasil kolaborasinya dengan dua desainer tekstil lulusan London College of Fashion (LCF), Odette Steele dan Nelly Rose yang tergabung dalam rangkaian Fashion Mission di The Hall, Senayan City (26/10).
“Tropical Bohemian”, demikian tema koleksi Dian Pelangi kali ini. Terinspirasi dari warna-warna burung Indonesia yang digambarkan secara abstrak, salah satunya melalui sentuhan seni jalanan Grafitti yang banyak menghiasi tatanan urban Eropa.
“Titik berat koleksi dengan LCF ini adalah tekstur dan motif. Odette dan Nelly yang baru saja lulus dari LCF begitu berani bereksplorasi dengan teknik-teknik tradisional Indonesia seperti tenun dan batik yang dipelajarinya selama di Pekalongan, untuk dikombinasikan dengan latar budaya masing-masing yang bertolak belakang”, jelas Dian.
Masing-masing ciri khas dan identitas dari ketiga desainer itu akan jelas terlihat di panggung fashion show nanti. Warna dan print ala Barat yang dibawa oleh Nelly dan sulaman dan payet khas Afrika oleh Odette, keduanya terbalut dalam desain Dian Pelangi yang glamour, elegan dan mencerminkan budaya mode nusantara seperti batik dan jumputan.
Dengan kolaborasi lintas bangsa ini, diharapkan jarak antara modest fashion dan mainstream fashion akan semakin menyempit. Dengan kata lain, persepsi dunia mengenai modest-wear agar semakin membaik. Bahwa busana tertutup bukan lagi soal keseragaman dan corak yang itu-itu saja, namun telah berevolusi menjadi sebuah segmen fashion yang berjalan beriringan dengan perkembangan zaman.
“Selain makna spiritualnya, seharusnya kategori mode ini juga dilihat dari segi gaya hidup, budaya, identitas pribadi, estetika dan seni. Walaupun peminatnya memang mayoritas adalah Muslimah, modest fashion bisa dipakai oleh siapa saja dan kami secara terbuka mengajak semua kalangan untuk mempromosikannya,” tambah Dian.
Odette dan Nelly merupakan dua pemenang kompetisi International Fashion Showcase 2015 di London, dan sejak bulan Agustus lalu pun menetap di kota batik untuk berkolaborasi dengan Dian dalam perhelatan JFW 2016. (mdtj; foto dok

Leave a Reply