Sebuah Catatan Merauke
Lapangan Kerja Baru, Bukan PNS

by -

Merauke,-

Merauke yang bertanah datar dengan sedikit pegunungannya, di kelilingi puluhan sungai besar dan kecil, merupakan Kabupaten dengan kondisi geografis yang cukup sulit sehingga menyebabkan pembangunan di wilayah ini menjadi sedikit tertinggal dibandingkan dengan wilayah lain.

Oleh karena itu. pemerintah daerah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembangunan di wilayah ini demi mengatasi ketertinggalan yang ada. Dan peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan formal dan informal menjadi kunci pembangunan Merauke.

Selain tentunya pemerataan kualitas pelayanan kesehatan, sarana dan prasarana publik, menjadi prioritas pemda demi mempercepat pemerataan pembangunan, memacu pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Sejak tahun 1993, Korindo memulai operasionalnya di Papua, khususnya di Kabupaten Merauke dan Boven Digoel dengan awalnya melalui tahap eksplorasi. Kini Korindo memiliki empat area operasional perkebunan kelapa sawit dan satu operasional pertanian padi di Kabupaten Merauke dan Boven Digoel.

Dimana masing-masing area operasional dikelola dengan profesional melalui unit bisnis PT Tunas Sawaerma (Perkebunan), PT Berkat Cipta Abadi (Perkebunan), PT Dongin Prabhawa (Perkebunan), PT Papua Agro Lestari (Perkebunan) dan PT Indo Sawah Lestari (Pertanian).

Atas komitmen membangun sumber daya manusia sebagai kunci mensejahterakan masyarakat. Korindo Papua mendirikan Balai Latihan Kerja bagi putra-putri Papua di areanya guna meningkatkan kualitas ketrampilannya buat kesejahteraannya yang lebih baik. BLK ini sekaligus menjadi alternatif lapangan kerja non pegawai negeri sipil.

Seperti diketahui menjadi PNS adalah cita-cita yang hampir ada di setiap benak putra-putri Papua, selepas bersekolah di tingkat Sekolah Menengah Umum. Tapi fakta kapasitas rekrutmen PNS semakin tahun semakin sedikit peluangnya. Selain semakin tinggi pula tingkat pendidikan yang dibutuhkannya.

Di sisi lain, sumber daya alam yang melimpah butuh putera-puteri Papua yang mengelolanya. Itulah mengapa Korindo Papua bekerjasama dengan Pemda Merauke mendirikan sebuah Balai Latihan Kerja, untuk memberikan keahlian tambahan agar ‘meet and match’ antara kebutuhan lapangan kerja yang ada dengan ketrampilan yang dipersyaratkan.

Harapannya, semakin banyak lapangan kerja yang bisa diperoleh dan dilakukan oleh putra-putri Papua. Dan dampaknya semakin banyak pula putra-putri Papua yang mau mengasah ketrampilannya untuk mengisi pembangunan di daerahnya.

Memang tidak mudah merubah cara pandang seseorang. Paling tidak setelah mencoba untuk mengasah ketrampilannya di Balai Latihan Kerja, maka sesuatu yang luar bisa dirasakan bahwa untuk membangun daerahnya, tak wajib seorang harus menjadi Pegawai Negeri Sipil.

(ry/tjo; foto: ist

Leave a Reply