Revisi Harga Tiket Taman Margasatwa Ragunan

by -
Tak ada pisang, wortelpun jadi, hewan omnivora ini sebagian besar dari mereka hanya memakan tumbuhan dan sebagian lagi berupa buah-buahan.

Jakarta,-

Kebun binatang pertama di Jakarta ini didirikan oleh seorang pelukis bernama Raden Saleh di kediamannya di Cikini pada 1864. Bang Ali Sadikin pada tahun 1966 memindahkan semua binatang yang ada di sana ke lokasi baru seluas 142 Ha di Ragunan. Dan Kebun binatang yang merupakan terluas di dunia ini statusnya sekarang berupa Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Taman Margasatwa Ragunan berdasarkan SK Gubernur no.323 tahun 2010.

Tiket masuk Ragunan sebesar Rp 4000/dewasa dan Rp 3000/anak adalah termasuk yang termurah di dunia? Bandingkan dengan kebun binatang lain seperti Taman Safari Cisarua (Bogor) : Rp140,000/dewasa dan Rp130,000/anak; Bali Zoo (Bali) : Rp75,000/dewasa dan Rp40,000/anak; Maharani Zoo (Lamongan, Jatim) : Rp30,000/dewasa dan Rp30,000/anak; Kebun binatang Gembiraloka (Yogyakarta) : Rp15,000/dewasa dan Rp15,000/anak; Kebun binatang Surabaya (Surabaya) : Rp10,000/dewasa dan Rp10,000/anak.

Untuk bisa mendapatkan perawatan yang terbaik bagi seluruh satwa, ungkap anggota DPR-RI,Aryo Djojohadikusumo, sebuah kebun binatang dan juga pelayanan pengunjung yang memadai diperlukan biaya yang tidak sedikit. Bagaimana bisa kita harapkan yang terbaik di Ragunan apabila harga tiket masuk begitu rendah?

Sementara biaya operasional Taman Margasatwa Ragunan adalah Rp12,000/pengunjung. Dengan pemasukan yang hanya Rp4,000/pengunjung berarti Pemprov DKI mensubsidi sekitar Rp8,000 untuk setiap pengunjung yang datang ke Ragunan. Dengan kata lain, tahun 2012 saja Pemprov DKI menghabiskan sekitar Rp 33 miliar untuk menutup kerugian yang dialami kebun binatang kebanggaan Jakarta ini.

Fungsi sebuah Taman Margasatwa seperti Ragunan selain untuk rekreasi adalah juga untuk penelitian dan pendidikan, baik untuk riset fauna maupun skripsi dan tesis para mahasiswa kedokteran hewan. Penting juga fungsinya sebagai pusat pelestarian fauna yang hampir punah dan perlu dikembangbiakkan dengan bantuan dokter hewan dan ahli konservasi yang terbaik.

Oleh karenanya, tegas Aryo Djojohadikusumo, sangat diperlukan revisi terhadap harga tiket masuk ke Taman Margasatwa Ragunan. Agar satwa yang ada di kebun binatang di ibukota Indonesia ini mendapatkan perawatan yang terbaik. Sebagai warga negara Indonesia tentu ingin kebun binatang kota Jakarta tidak memalukan untuk dikunjungi oleh wisatawan asing dan oleh peneliti dan ilmuwan se-dunia.

Berapa kira-kira harga tiket masuk yang wajar untuk kebun binatang kebanggaan kota Jakarta ini? (ist/mdtj/ foto muller

Leave a Reply