IFFINA Gelar Indonesia Designer Chalange 2016

by -

Jakarta,-

Pameran IFFINA Furniture Indonesia & Mozaik Indonesia 2016 sebagai kegiatan rutin pemerintah diakui sebagai anggota Council of Asia Furniture Association (CAFA) dan juga menjadi rangkaian Pameran ASEAN Furniture Industries Council. Demikian dikemukakan Ernst K Remboen, Presiden Direktur Traya Indonesia. Dan kerjasama ASMINDO dan Traya Indonesia menghadirkan IFFINA Furniture Indonesia dengan produk-produk furnitur dan kerajinan berskala Internasional yang sangat diminati buyer-buyer dari Luar Negeri.

Sementara Andre Sundriyo, selaku Ketua Penyelenggara Pameran IFFINA Furniture Indonesia & Mozaik Indonesia 2016, menegaskan bahwa 90% industri mebel dan kerajinan nasional masih berupa Original Equipment Manufacturer (OEM), yaitu pembuatan mebel dan kerajinan hanya berdasarkan permintaan atau pesanan saja, tanpa memiliki tawaran pilihan desain untuk buyers. Hal tersebut menjadi perhatian yang penting karenanya dibutuhkan Research and Development yang kuat sehingga memiliki posisi tawar yang baik bagi para buyer.

Dan hal yang menarik pada pameran ini yakni hadirnya kompetisi Indonesia Designer Challenge 2016 sebagai ajang kompetisi desainer pertama di Indonesia yang menempatkan para desainer Indonesia sebagai poros utama penggerak industri kreatif di Indonesia dengan menekankan proses produksi dan penggunaan bahan baku kayu dan bahan penunjang lain yang ramah lingkungan.

Ajang bergengsi bertemakan ‘More Than Wood’ diprakarsai Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) yang bekerjasama dengan Forest Stewardship Council® (FSC®), William E Connor & Associates Ltd. (WECA) dan BioIndustri serta didukung oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Perum Perhutani, dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BAREKRAF), sehingga berdampak nyata bagi upaya konservasi hutan di Indonesia. Memperebutkan hadiah total sebesar Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah).

“Indonesia memiliki banyak sekali bibit-bibit desainer muda Indonesia berbakat yang potensinya dapat digali lebih lanjut. Kompetisi IDC 2016 sebagai bagian dari Pameran Mozaik Indonesia 2016 merupakan salah ajang yang tepat untuk memperkenalkan karya-karya desainer furnitur muda,” tukas Diana Nazir, Yayasan Art+Design Indonesia.

(Mdtj; foto dok

Leave a Reply