Gramedia Gelar Awarding Gramedia Reading Community Competition 2018

by -

Visualindonesia, Jakarta,-

Awarding Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018 kembali digelar oleh Gramedia. GRCC merupakan kompetisi untuk mencari komunitas dan taman baca yang kreatif, inovatif dan inspiratif dari seluruh Indonesia.

Taman baca yang terpilih akan mendapatkan development funding berupa hadiah dan donasi buku selama 1 tahun. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dalam acara literasi diwilayah masing-masing bersama Gramedia.

Acara GRCC akan dilakukan di Grand Rafflesia Ballroom, Balai Kartini, Jakarta, pada Jumat (28/9). Sebanyak 20 taman baca dan komunitas baca dari Aceh hingga Papua telah terpilih untuk menerima penghargaan dari total 987 peserta. Mereka merupakan juara dari 5 wilayah regional yang sebelumnya telah ditentukan oleh Gramedia.

Adapun kelima regional tersebut adalah Regional Sumatera ; Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat ; Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta ; Jawa Timur, Bali, NTB, dan Kalimantan ; serta Regional NTT, Sulawesi, dan Indonesia Timur.

“Pemenangnya kita bagi rata dari setiap regional, karena kita ingin literasi masyarakat Indonesia terus meluas dari ujung ke ujung, tidak hanya berpusat di satu wilayah,” ujar Yosef Aditio, Corporate Secretary PT Gramedia Asri Media, Kamis (27/9).

Puncak acara nanti akan diisi oleh penampilan spesial dari anak didik dari masing-masing komunitas baca pemenang GRCC tahun 2016. Sejumlah 100 penampil akan didatangkan dari seluruh Indonesia.

Acara ini juga diisi dengan inspirational sharing dari Kang Maman (Penulis dan Penggerak Literasi) serta Ibu Nursyida Syam (Penggerak Literasi dari Klub Baca Perempuan Lombok Utara), dimana beliau beserta anak-anak didiknya sedang berusaha bangkit setelah didera gempa.

Selain pemberian anugerah bagi para pemenang GRCC 2018, PT Gramedia Asri Media juga akan meluncurkan website baru bernama literasinusantara.com.

Web ini dirancang khusus untuk mewadahi informasi mengenai literasi, seperti artikel, aktifitas, profil komunitas/taman baca, forum diskusi dan acara terkait literasi yang diselenggarakan oleh Gramedia.

(ayen; foto ih

Leave a Reply