CASIO FX-991 ID Plus, Casio For Education
“Mathematical Thinking”

by -

Jakarta, –

CASIO, terus mengembangkan inovasi serta teknologi di setiap produknya. CASIO juga berkomitmen untuk dapat berkontribusi di dalam kehidupan masyarakat.

Oleh karenanya sebagai salah satu penyedia tools pendidikan, CASIO memahami bagaimana kualitas pendidikan merupakan salah satu faktor penentu kemajuan suatu bangsa melalui program CASIO For Education.

“Sebagai wujud dari komitmen tersebut, kami menyediakan tools kalkulator sehingga pelajar Indonesia tak lagi hanya fokus pada kalkulasi tetapi lebih banyak memiliki waktu untuk eksplorasi mathematical thinking,” ungkap Yasuhiro Ito, General Manager of Consumer Product CASIO Japan.

CASIO FX-991 ID Plus merupakan kalkulator ilmiah pertama berbahasa Indonesia, yang dibuat khusus untuk siswa Indonesia sehingga semua notasi matematika dan isi di dalamnya telah disesuaikan dengan kurikulum SMP/SMA/SMK dan Statistik Dasar (Perguruan Tinggi) di Indonesia. Karena kini para pelajar dituntut lebih aktif dan kreatif dengan dukungan teknologi, tanpa mengurangi proses belajar itu sendiri.

Matematika tidak lagi menjadi satu subjek pelajaran. Matematika telah menjadi kesatuan dengan aspek keseharian. Matematika merangsang siswa untuk berpikir kritis, bereksplorasi dan meningkatkan kemampuan problem solving dan penalaran dalam menggali masalah, memahami pertanyaan, atau memilih metode yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut, tambah Prof. Dr. ret. nat. Widodo. M.S, Guru Besar Matematika dari Universitas Gadjah Mada.

Teknologi kalkulator diperlukan untuk menggali berbagai kemungkinan alternatif penggunaan metode secara cepat dan solutif, sehingga siswa dapat menggunakan waktu untuk pengembangan hasil jawaban mereka ke langkah selanjutnya, lanjutnya.

Berdasarkan data OECD PISA (Programme for International Student Assessment) pada tahun 2012 pada kategori matematika dan sains, kondisi proses pembelajaran matematika di Indonesia kini masih berada di peringkat bawah. Hasil ini jauh dari Vietnam yang berada di urutan 17 di mana negara ini telah memperbolehkan siswanya untuk menggunakan kalkulator dalam proses pembelajaran.

Komitmen penting CASIO di Indonesia tidak lepas dari dukungan penuh PT. Sahabat Utama Traco dalam memasuki pasar di Indonesia melalui Program Casio for Education. Harapannya dapat berjalan beriringan dengan kebijakan untuk mencapai kualitas pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi, jelas Yashuhiro Ito, menuntaskan.

(gha/ foto ist

Leave a Reply