Pesta Budaya KCB
Lestarikan Budaya Kain Daerah

by -

Visual Indonesia, Jakarta, –

Indonesia Fashion Week bersama Komunitas Cinta Berkain (KCB) menghelat pesta budaya di Jakarta Convention Center Jakarta, menghadirkan talkshow bertajukan “Pelestarian Budaya Berkain Kedaerahan Dalam Keseharian Pemakaian” serta penampilan tari “Lenggang Nusantara”.

Pesta Budaya tersebut sejalan dengan misi KCB untuk menggunakan kain sebagai busana keseharian. Selain KCB mendemokan gaya berkain daerah untuk aktivitas keseharian yang diperagakan anggota KCB, seperti Ina Rahma untuk gaya etnis kontemporer kain Batak, Corry Kastubi yang menampilkan kain Batak dan Chitra dengan gaya klasik keseharian kain Jawa.

Disamping KCB mendemokan pula gaya berkain daerah untuk akitivitas keseharian, dan diperagakan cara berkain keseharian yang kekinian dari kain berbagai daerah lain, seperti Sumatera, NTB, serta NTT. Dan tak ketinggalan lantunan indah lagu-lagu Nusantara dari paduan suara pimpinan Ussy Pieters.

Sita Hanimastuti, selaku pendiri dan Ketua Umum KCB, berharap gelaran budaya ini mampu menciptakan minat yang lebih besar lagi untuk menggunakan kain dari berbagai daerah Nusantara sebagai busana keseharian kita.

(ana/ikha/ foto ist

Leave a Reply