Pesona Desa Butuh Kaliangkrik Tak Kalah Indah dari Namche Bazaar Nepal

by -

Visualindonesia, Magelang,-

Nama Dusun Butuh Kaliangkrik di Magelang, Jawa Tengah, saat ini menjadi viral dan diburu para traveller. Hal ini tidak terlepas dari pemandangan pemukiman warga yang tampak tersusun rapi dan berundak dengan latar belakang Gunung Sumbing dan perkebunan.

Keindahan panorama Dusun Butuh ini bisa di bilang mirip dengan destinasi wisata Namche Bazaar di Nepal. Tak heran bila obyek wisata di Kaliangkrik ini disebut Nepal van Java.

Dusun Butuh Kaliangkrik merupakan desa tertinggi di Kota Magelang dengan ketinggian mencapai lebih dari 1.700 mdpl. Namun jangan khawatir, akses menuju Dusun Butuh mudah untuk dijangkau baik dengan kendaraan roda empat maupun sepeda motor.

Sementara itu, bagi wisatawan yang tidak ingin melewatkan fenomena langka “ombak awan” dan cantiknya Sunrise yang menyembul dari balik Gunung Merapi, bisa disaksikan dari Punthuk Nepal, yang merupakan pos pendakian pertama ke Gunung Sumbing. Untuk itu, disarankan datang pada bulan Mei-Agustus atau musim kemarau karena cuaca sangat cerah.

Pemandangan Nepal van Java akan tampak lebih jelas ketika sang surya telah meninggi. Keriuhan mulai terasa ketika warga setempat hendak beraktifitas di ladang. Warga dusun yang sebagian penghuninya lansia ini juga sangat ramah dan memiliki semangat tinggi dalam bekerja.

Saat turun dari Punthuk Nepal, wisatawan bakal melewati pasar kecil yang berisi lapak penjual sayur mayur, sembako, dan jajanan pasar yang semuanya tampak segar.

Disarankan bagi yang ingin mengunjugi Nepal van Java agar tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker guna mencegah dan menghambat penyebaran virus corona di Dusun Butuh Kaliangkrik.

(drel; foto dudut sp

Leave a Reply