IDP Festival 2016 Embrio Museum Perkusi Indonesia

by -

Jakarta,-

Festival Indonesia Drum & Perkusi Festival 2016 yang berlangsung 30 Maret – 2 April 2016 di Bentara Budaya Jakarta. Tak hanya menjadi event penting yang dicita-citakan Indonesia Drummers, bahkan telah diidam-idamkan sejumlah drummer lintas generasi. Oleh karenanya IDP Festival 2016 menghadirkan Kolaborasi Indonesia Drummer & Perkusionis Wanita Lintas Generasi– Kolaborasi Indonesia Drummer & Perkusionis Cilik– Kolaborasi Fashion Art & Perkusi Indonesia– Pentas Kolaborasi Musik Drummer & Perkusionis Indonesia.

“Event yang pertama kali diadakan di Indonesia ini sebenarnya sudah lama diidamkan Indonesian Drummers (ID), diprakarsai komunitas pemain drum seluruh Indonesia. Seiring waktu, komunitas ini menjadi sebuah organisasi musik. Bahkan secara resmi telah berbentuk Yayasan yang diketuai Gilang Ramadhan. Dalam perkembangannya organisasi ini memiliki cabang di beberapa daerah, sekaligus menunjukkan perkembangan musisi perkusi sangatlah baik,” jelas Ekki Sukarno.

Cabang ID ada di 23 daerah dengan 1.000 an anggotanya dari 3.000 drummer yang ada di seluruh Indonesia. ID bahkan menjadi satu-satunya organisasi drummer yang tidak saja terbesar di Indonesia, namun juga dunia. Dan ID yang akan tampil nanti dalam IDP Festival 2016 berasal ID Aceh, ID Minang, ID Bengkulu, ID Bandung, ID Tasikmalaya, ID Tegal, ID Purwokerto, ID Yogyakarta, ID Banjarmasin, ID Sampit, ID Balikpapan, ID Samarinda, ID Makasar, ID Kendari dan ID Bau Bau.

Ekkie yang tahun ini habis masa jabatanya selaku Ketua ID, menjelaskan bahwa perhelatan IDP Festival 2016 menjadi salah satu misi ID untuk menggagas berdirinya sebuah museum perkusi. Pendirian museum untuk melestarikan, mengembangkan, dan mengenalkan perkusi kepada generasi muda.

“Musisi kita harus tahu budaya, malu sama orang asing. Orang asing saja mau care, kok kenapa kita tidak. Nah di Indonesia belum ada museumnya dan ID berharap kekayaan perkusi yang lahir dari keindahan budaya suku-suku yang ada di Indonesia harus diperkenalkan kepada generasi muda supaya ada regenerasi,” terang Ekkie.

Oleh karenanya digelarnya IDP Festival 2016 untuk menambah pengetahuan alat- alat musik perkusi di semua daerah yang ada di Indonesia, juga memperkenalkan para senimannya, dan termasuk para pelaku industrinya yang turut dilibatkan.

(mdtj; foto muller

Leave a Reply